Friday, December 22, 2017

Diary + Planner + Organizer = Bullet Journal

Halo semuanya..
Ma sya Alloh, ini sudah postingan ketiga untuk hari ini hehehe..Dinara tidur cepat, jadi saya bisa me time lebih lama deh :) 

Dua bulan yang lalu saya terkena burn-out yang cukup parah. 
"Duh kok eksperimen ini belum ya, perlu kontrol tambahan. Oh iya, course itu tempatnya dimana ya. Loh bentar-bentar, jadwal vaksinasi Dinara tuh minggu depan atau minggu depannya lagi sih. Menu hari ini semur telur eh tapi kemarin harusnya beli telur kan stoknya habis."
My head was spinning and spinning dan banyak hal yang berseliweran di kepala. Familiar dengan situasi di atas? Kalau iya, tos dulu dong. hehe.

All right, Alhamdulillah kini situasi seperti itu tereduksi karena dibantu oleh bullet journal. Apa sih bullet journal itu? Supaya lebih afdhol, penjelasannya langsung dari pencipta metode ini, bisa dilihat di video di bawah ini ya! :)


Yap, bullet journal ini sangat membantu saya dalam perencanaan kegiatan, hobi dan habit saya. Saya pun menulis semua ide dan catatan-catatan penting disini agar semua terlokalisasi (tsah) dan tidak tercecer.

I'm not a fan of doodling, or drawing. I'm not that good at hand-lettering either, tapi saat membuat template menjadi hal yang saya tunggu-tunggu (template weekly atau monthly), karena saya senang sekali membuat dekorasi templatenya dengan warna-warna, stiker (kadang saya pakai stiker punya Dinara hehehe) dan juga washi tape kesukaan saya. Setiap selesai mengerjakan dan melihat kertas yang warna-warni, ada rasa senang. It's kind way of stress release as well for me.

Untuk template, saya biasanya mencari referensi di youtube atau Instagram. Cari saja dengan tag #bulletjournal, banyaaaaak sekali template yang bagus banget. Mulai dari yang minimalis sampai yang kompleks hehe.





Setelah dua bulan menggunakan bullet journal, saya bisa men-track amalan harian dan amalan sunnah untuk perbaikan spiritual saya, hobi baking, melihat progress latihan biola (seperti yang saya tulis disini), blogging, sampai jadwal maskeran dan benang gigi (haha!!) Dengan mudah saya bisa mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan dalam satu bulan kemarin, dan apa yang perlu dilakukan untuk perbaikan di bulan berikutnya. Alhamdulillah, I feel more organized and energized.

Semoga ini bermanfaat juga untuk teman-teman ya :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik