Persiapan Pulang Kembali (back for good) ke Indonesia

Sebenarnya postingan ini sudah ada di draft sejak tahun lalu, tapi baru sempat dirampungkan sekarang. Mungkin kurang lengkap jika dibandingkan dengan persiapan kepulangan di saat pandemi. Tak apa lah ya terlambat daripada tidak diposting sama sekali 🙏. Semoga to-do list ini dapat membantu bagi yang akan back for good ke Indonesia dari Belanda.

***

Setelah sekian tahun, akhirnya sampai juga di titik ini: saatnya pulang. Ketika kita mau berangkat ke Belanda tentunya banyak persiapan yang kita lakukan. Tentunya ketika pulang pun perlu persiapan juga, bahkan dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Berikut adalah pengalaman kami menyiapkan kepulangan ke Indonesia setelah kurang lebih 6 tahun tinggal di Belanda. Saya tuliskan per point saja ya supaya mudah 😊

1. Kontrak rumah

Apartemen yang kami sewa adalah dari pihak MVGM. Kami memberikan notifikasi kira-kira 2 bulan sebelum tanggal kepulangan kami, sehingga pihak MVGM ngeh dengan pembayarannya dan ada cukup waktu jika rumahnya akan diiklankan lagi. Well, semua dilakukan in advance dalam waktu yang cukup ya, namanya juga berurusan sama orang Belanda hehehehe, no no didadak dadak hehehe.

Ketika datang, apartemen diterima dalam keadaan kosong. Ketika pulang pun kita perlu mengosongkan apartemen, ya seperti saat kita terima. Tapi lain cerita kalau akan over contract apartemen seperti kami :) Ini cukup memudahkan urusan, apalagi jika calon tenant baru ini mau membeli furniture di dalamnya. Win win solution jadinya: kami tidak perlu mengosongkan seisi rumah seperti saat dulu kami terima dan calon tenant baru pun tidak perlu memikirkan isi rumah 😉

Hanya saja.. pengalaman kami saat akan check out, petugas MVGM sampai heran dan hampir mau marah saat memeriksa rumah. Katanya Dia kesal, kok masih ada barang-barang. Kami jawab kan mau over contract ke tenant baru. Ternyata dia gak tahu dong. Yah jadinya ada missunderstanding deh haeu 😵. Untungnya kami sudah ada pegangan surat tertulis antara saya dan calon tenant yang isinya persetujuan barang-barang apa saja yang akan Beliau takeover. Juga e-mail dari MVGM yang berisikan tentang take over sewa apartemen. 

Dari sini kami baru menyadari kalau bagian departemen termination contract dan departemen "check out" ini beda dan belum tentu mereka berkoordinasi 🤨

Proses beberes rumah ini paling menyita waktu dan tenaga. Apalagi di tengah hecticnya mengurus PhD defense kami berdua. Tapi Alhamdulillah keluarga dan para tetangga membantu sekali, terutama saat memindahkan barang dan angkat barang-barang yang mau dibuang.

2. Internet, Air dan Listrik

Urusan ini pun akan lebih baik dilakukan dari jauh-jauh hari. Untuk tagihan air (Waterbedrijf), kami memberikan notifikasi online. Untuk listrik, kami memberikan notifikasi pada pihak Essent lewat telepon. Untuk provider internet (dulu pakai tele2), kami mengirimkan modemnya kembali ke pihak tele2 dan kami memberikan notifikasi sekitar 2 pekan in advance kalau tidak salah.

3. Deregister di Gementee

Ini penting lho, jangan sampai dilewatkan ya hehehe. Deregister ini bisa dilakulan secara online kok. 

4. Penghentian asuansi kesehatan

Sebenarnya sistem di Belanda sudah terintegrasi, jadi jika sudah deregister di Gementee maka akan otomatis juga deregistrasi asuransi kesehatan, namun perlu diingat : it takes time dan bisa saja akan dapat invoice lagi hehe.

Karena kami berpikir "selagi masih di Groningen, lebih baik diurus saja biar ga ribet nantinya", jadinya kami menghubungi pihak asuransi kesehatan, dalam hal ini Menzis. Kami menghubungi Customer service Menzis via whatsapp di nomor ini : +31613513636.

6. Ov chipkart

Jangan lupa untuk berhenti berlangganan OV Chipkart ya, waktu itu saya menelepon Customer service OV Chipkart dan meminta berhenti berlangganan dengan alasan back for good. 

7. Belastingdienst dan SVB

Ini super penting. Selesaikan urusan perpajakan ya. Jika sebelumnya menerima subsidi dari kantor pajak misal child budget dll, bisa dilakukan dengan di web mijnbelastingen 😉

8. Legalisasi ijazah

Setelah menerima ijazah, Kami langsung mengurus legalisisasi dokumennya untuk nanti dilakukan penyetaraan ijazah di DIKTI. Ada yang bilang penyetaraan ini tidak perlu dilakukan. Namun lagi lagi, prinsip kami mah mumpung masih di Belanda dan masih bisa diurus di Belanda, kami lakukan saja. Khawatirnya nanti pas di Indonesia malah butuh. 


Kami mengurus legalisasi ijazah ke DUO, untungnya kantornya di Groningen jadi gak jauh. Setelah dilegalisasi di DUO dilanjut diproses legalisasi lagi ke KBRI Den Haag. 

Setelah beres urusan ini, baru diajukan penyetaraan ijazah ke DIKTI sesaat kami tiba di Indonesia.

Jika memiliki anak yang lahir di Belanda, jangan lupa juga untuk legalisasi aktenya, bisa dilihat di postingan ini. 

Baca Juga: Legalisasi Akte Kelahiran Anak di Belanda

9. Kirim paket via ekspedisi

Mengirimkan barang via paket ini pun cukup menguras tenaga dan waktu. Ada rasa galau saat beberes. Galau apa? Ya galau "duh ini dibawa ga ya.. sayang deh kalau ga dibawa" 🤭

Paket yang kami kirim sebagian besar berisi buku-buku cerita Dinara (ini kayanya sampai 2 box besar sendiri hehehe) dan peralatan dapur 😆 

Oh iya, akan lebih baik kita menyertakan surat pindah dari KBRI kepada ekspedisi yang digunakan (jika mengirim box relatif banyak) supaya nanti tidak bermasalah saat paket sampai di bea cukai. Ekpedisi pengiriman paket ini macam-macam lho. Sejauh ini kami pernah menggunakan jasa ekspedisi Pulang Kampung, Tegar Mulya dan Prioritas Logistic. Saat pulang back for good kami menggunakan jasa dari Prioritas Logistic. Kira-kira barang sampai di Indonesia kurang lebih dalam kurun waktu 3-4 bulan. 

10. Deaktivasi rekening Bank

Baiknya saat kita meninggalkan Belanda for good, akun bank juga harus dideaktivasi. Namun, kami sedikit ragu karena kami masih menunggu pengembalian uang heater dari MVGM (biasanya pengembalian ini saat akhir tahun dan kami pulang saat summer), pengembalian uang listrik (karena pola kami dari tahun ke tahun kami selalu dapat pengembalian karena bayar kelebihan) dan juga final calculation dari kantor pajak Belanda. Jadi, setelah kami konsultasi dengan pihak Bank (dalam hal ini Rabobank), win win solutionnya adalah: rekeningnya di freeze dulu dalam artian bisa cek saldo rekening tapi tidak bisa melakukan transaksi. Saat kami mendapatkan nominal pengembalian tsb dalam rekening, kami segera memberi notifikasi ke pihak Bank rekening akan diaktifkan dalam jangka waktu tertentu supaya kami bisa mentransfer uang tersebut. Setelah saldo di rekening nol maka kami memberikan notifikasi kepada pihak Bank untuk menutup akun rekening.

11. Menghabiskan poin kartu member supermarket

Jika memiliki poin pada bonuskaart Albert Heijn, kartu Kruidvat, dan kartu Etos, jangan lupa dihabiskan dulu ya hehehehe 😌 #ibuibugakmaurugi

12. Pamitan

Yap, setelah beberes, tidak lupa kami berpamitan pada tetangga dan juga komunitas Indonesia di Groningen 😇

Berfoto dulu di depan apartemen sebelum ke airport. Tot ziens, Groningen! 😃


Demikian persiapan untuk back for good kami ke Indonesia. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat 😃

Salam,

Amalina

2 comments

  1. Senang bisa mendapat ilmu, gelar dan banyak cerita. Salam kami dari desa. Kita masuk samaan di minggu ke 12 di #1minggu1cerita ... mampir balik ke blog kami yak... mampir ke kebun bunga telang juga boleh. mungkin tidak semegah Keukenhof yak hihi ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Rita,

      Salam kenal :) Iya kita samaan yaa masuk di minggu 12.
      Terima kasih banyak sudah mampir ke blog ini ya Kak :)


      Salam,
      Amalina

      Delete