edisi kangen Indonesia : Nasi uduk ^__^

Assalamualaikum, bloggie. 
sudah hampir 4,5 bulan nna merantau. kangen sekali dengan sarapan a la Indonesia : nasi. betul sekali, nasi. :D
cring cring criing, ide terbesat di pikiran. bikin nasi uduk aja apa ya? 1st trial juga loh ini. langsung deh ke supermarket beli santan dan sereh. Alhamdulillah nemu bubuk sereh. sayang sekali ga ada daun salam. Harus ke toko Asia ternyata kalau mau beli daun salam. tapi karena hari sudah terlalu sore, maka ya sudahlah, ga pake daun salam juga gpp deh.. yang penting Nna makan nasi uduuuuk. :p
Cara buatnya gampang karena... biarkan rice cooker bekerja. hahaha. cukup kaya bikin nasi biasa aja, tapi airnya diganti santan encer, tambah irisan bawang merah, bubuk sereh dan garam. 
Tunggu 15 menit sampai nasi matang. 
15 menit kemudian.. 
lampu indikator di rice cooker berubah warna dari merah menjadi hijau. nna buka rice cooker dan aaaaa wangiiiiii banget nasinya. the power of sereh and coconutmilk. woooww \m/
yummy tummy tralala triliiii! ^__^ Alhamdulillah..
so this is it. Nasi Uduk edisi kangen tanah air. :D
Indonesia sekali bukaaan? :D nasi uduk, ayam bumbu rujak, bawang goreng, kerupuk. :D Alhamdulillah..

Teriyaki? why not. :D

lagi dan lagi. postingan kedua hari ini. hahaha. :D
teriyaki, yup. beberapa hari yang lalu Nna membuat chicken teriyaki. resep ini simpel sekali buat anak kosan atau anak rantau seperti saya ini. hahaha :P sebenernya simpel bangeeet kalau ada saus teriyaki. tinggal rendem aja ayamnya sama saus teriyaki selama 1 jam. tumis bawang putih, bawang bombay, masukkin ayam yang udah direndem deh sama sausnya. tumis-tumis bentar. jadi deh. :P
tapi waktu Nna bikin agak agak butuh perjuangan gitu deh *lebay*
kenapa?
1. karena beli ayamnya jauuuh dari kosan, kudu ke toko turki karena disana ayamnya sudah pasti halal insya Allah. :D
2. cari saus teriyaki yang halal disini agak agak susah gampang, mas bro mbak sis. pas liat ingredientsnya saus teriyaki disini malah pake wine segala. kalau ga pake wine malah ada "E-code"nya. jadinya ragu gtu, takut ga halal. hadooh. -__-" yasudah, manual deh bikinnya. :P #singsingkanlenganbajusampaipergelangantangan :P
3. perjuangan tidak sampai disitu, kawan. perjuangan ketiga adalah... perjuangan nyari rempahnya plus nyari terjemahan bahasa belandanya apa. hahaha. jahe dan pala bubuk. apa deh bahasa belandanya. -__- untung ada google translate, yessss. makasih loh uncle google. Uncle emang unyuu *zzzz
tapi tapi tapi tapiii, walau halangan rintangan membentang, tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran.. *eh, kok jadi nyambung ke lagu kera sakti sih. huahahaha :D i'm so sorry, my bad :  multiminded :p

so this is it. Chicken Teriyaki a la Amalina. :P

Ingredients:

  • ayam, potong dadu
  • Paprika, potong dadu
  • 3 siung bawang putih
  • satu siung bawang bombay
  • kecap manis
  • Jahe bubuk secukupnya
  • Pala bubuk secukupnya
  • Air sedikit saja
  • Garam
  • Merica
  • Bumbu penyedap (hahaha, kaldu bubuk ini udah jadi sahabat nna di dapur :p)

How to make it?

  • Tumis ayam atau rebus sebentar, biar ayamnya setengah mateng atau agak mateng lah. hehe. lalu disisihkan :D
  • Tumis bawang putih, bawang bombay sampai harum. masukkan paprika dan ayam.
  • tambahkan kecap manis. beri sedikit air.
  • masukkan bumbu-bumbu seperti garam, jahe bubuk, pala bubuk. merica dan kaldu bubuk sedikit ajaa.
  • Aduk-aduk sampai rata.
  • Sajikan hangat. hihihihi. akhirnyaaa.. Alhamdulillah.. simple kan yaa :D
Pocoyo and Chicken Teriyaki :D Alhamdulillah..

sweet and sour fishy fishyyy :D

Assalamualaikum. hello bloggie.
di sela-sela membaca sebuah artikel yang akan Nna presentasikan minggu depan, sempet-sempetnya Nna post ini dulu :P takut keburu lupa, huehehehehe.
pada awalnya ini adalah sebuah trial, kawan. secara, anak kos di perantauan gitu loh, ingin makan enak dengan harga murah meriah. So it's time to rock on in the kitchen. hahahaha. :D
nah, yang Nna punya di kulkas adalah fillet ikan. bingung gitu deh mau diapain. merenung sebentar di depan kulkas, memandang dengan mesra serta senyum penuh harap kepada isi kulkas si guweh *idiiw Lebay dan seketika nna getrok getrok meja*
TRING! *lampu menyala di atas kepala* nna sulap saja jadi ikan asam manis. defaultnya kudu pake wortel sih, nanas juga, biar seger gimana gitu, tapi ga punyaaa. hahaha. sudahlah, makananku kreasiku *alay*, here we go sweety and sour fishy fishy ^__^

Ingredients:

  • Ikan Fillet. yang nna punya sih ikan Pangasius. the cheap one :P
  • Tepung terigu
  • Garam
  • Merica
  • Jeruk lemon
  • Bumbu penyedap, disini nna pake kaldu bubuk :D
  • Minyak untuk menggoreng
Untuk sweet and sour sauce-nya :
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • bawang bombay (kalau yang kecil 1 juga cukup, kalau agak gede ya 1/2 atau 3/4 juga gpp :p)
  • Saus tomat secukupnya
  • 1 buah tomat, potong dadu kecil-kecil
  • 1 buah cabe
  • Sedikit tepung maizena atau tepung tapioka
  • Air secukupnya
  • Garam
  • Merica
  • Bumbu penyedap
  • Gula
  • Paprika (selain yang warna merah yah, biar warna warniii, :p ), dipotong dadu
How to make it?
  • Untuk ikannya, pertama rendam dulu ikan di rendaman air garam dan perasan air jeruk lemon biar ga amis :D
  • Campurkan tepung terigu, garam, merica, bumbu penyedap. Aduk sampai rata
  • nah, ikannya dibedakin deh :P *kidding* hehehe. maksudnya lumuri ikan dengan tepung. diamkan beberapa menit.
  • Goreng ikan sampai warnanya kuning kecoklatan.
  • Untuk sausnya, tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay di wajan. 
  • Masukkan tomat, cabe, paprika dan saus tomat
  • Tambahkan air secukupnya
  • larutkan tepung maizena dan air sedikit saja, masukkan ke wajan :D
  • Tambahkan garam, merica, bumbu penyedap, dan gula.
  • Tinggal disajikan deh, sajikan si ikan lucu dengan saus sebagai pendampingnya di piring :D
Sweety sour fishy fishyy is readyyyyyy ^__^
sweet and sour sauce :D
isengnya Nna mulai kumat. #tepokjidat
aku pun ingin eksiiiss! walapun hanya dua jari saja karena tidak memungkinkan kalau muka ikutan terpotret :P salam damaaai ^__^
sweet and sour fishy fishy yummy yummy :D Alhamdulillah...

Honey-Brined Southern Fried Chicken Breasts

Assalamualaikum. halo haloo. :D
udah lama sebenernya mau nge-share ini.
baru sempet sekarang. harusnya nyicil project report ini teh >.< tapi blogging dulu bentar :P
awal mulanya nna nemu resep ini adalah.. karena Nna lagi suntuk di lab. hahaha. lalu cari-cari resep dari fillet ayam. heheehe. lalu nemu lah resep ini.. ^_^

Honey-Brined Southern Fried Chicken Breasts

Bahaannyaaa ^_^ : 
  • 2 potong dada ayam
  • 1/4 cup buttermilk
  • 1 cup terigu
  • 1/2 sdt garam (lagi, untuk tepungnya)
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt black pepper
  • cabai bubuk secukupnya
  • minyak untuk menggoreng :)

Untuk bahan rendaman
  • 3 cangkir air dingin
  • 1/4 cup garam
  • 1/4 cup madu


How to make it? lebih gampangnya bisa dilihat di video ini. hihihihi.. 

dan inilah masterpiece-nya Nna (halaaah, lebaay :P)
Honey-Brined Southern Fried Chicken Breasts in my lunch box :) 
don't you know what does make it so special? honey!! jadi ayamnya garing di luar, lembut di dalam. yummy!! :9

ibu-ibu konsumsi wherever i am..

nasi padang, somay :D
 hehehe, ya di Bandung, ya di Groningen, kalau di kepanitiaan, pasti deh jadi seksi konsumsi. Rock on \m/
ibu konsumsi ngegaya padahal seminar sedang berlangsung.. hahahaha :D
Seminar ini diadakan oleh PPI-Groningen. temanya Korupsi. hohoho.
pokonya mah katakan TIDAK, katakan TIDAK pada korupsi :D

spending time in Noorderplantsoen

Assalamualaikum..
Nna lagi rajin posting di blog nih, ini udah postingan yang ketiga untuk hari ini. hehehehe. harusnya mah Nna teh bikin teklap buat acara awal bulan April. tapi malah blogging. hehehe..
Alhamdulillah, siang tadi, hari ceraaaaah sekalii.. seperti biasa, setiap Sabtu kan jadwalnya Nna dan Mbeb beli keperluan bahan makanan :) nah, karena tadi harinya sangat cerah, sehabis dari supermarket, kita pergi jalan-jalan ke taman, namanya Noorderplantsoen. :)
banyak yang kesana juga, banyak bule yang berjemur, piknik, tiduran di rumput sambil baca, bahkan ada yang niat bawa tikar.. ada juga yang bawa pasangannya masing-masing dan bercengkrama :p





lari lari lariii.. menikmati matahari.. :)



bebeknya galau. yang lain mah gutak giteuk gerak gerak. ini mah diem aja. :D

mereka heboh deh pas dikasih makan.. Subhanallah..




ada yang piknik, ada yang diskusi, mungkin sekali-kali nanti cocok kali ya bikin Arisan disana ;p





adeeuh di balkon berasa putri lagi nungguin pangeran berkuda putih deh *zzzzz*


gelantungan.. :p
Subhanallah..
bagus pisan ya.. ini teh belum mekar semua bunganya.. katanya puncak Spring itu sekitar pertengahan April.. :)
let's tafakkur-ing..
aaaaa, nikmat yang dikasih Allah meuni banyak pisan.. udah ga tau mau bilang apa, mau bilang makasih sampai mulut berbusa juga da ga akan cukup.. padahal Nna teh sering lalai, sering lupa, niat berbelok-belok, sering khilaf.. tapi tetep da Allah bener-bener Maha Penyayang dan Maha Mencintai hambaNya, tetep aja dikasih nikmat sama Allah..
heuuu, jadi malu sendiri..
ampuun Ya Allah.. maafin Nnaaa.. T__T


Then which of the favours of your Lord will ye deny? (QS Ar-Rahman : 13)

Allah Maha Baik..
makasih Ya Allah... :')
makasih semua nikmatMu, semoga kita semua bisa selalu bersyukur dalam keadaan apapun, dan selalu mengingat Allah dalam keadaan apapun. aaamiin.. :)
love You more than i can say, Dear Allah. keep me on Your right path..

and the sun was shining..

Subhanallah, sun was shining in Groningen. :)
biasanya cuacanya mendung, sendu, galau, sedih, kabut, abu-abu.. hihihi ;p disini cuaca berubah-ubah dengan cepat, unpredictable. sekalinya cuaca bagus teh orang-orang pada keluar buat jalan-jalaaan \^__^/ walopun ceraah, suhu masih teuteup 10 derajat celcius. masih dingin bangett kalau anginnya dateng menyapa.. :p

Central Station, Groningen (10.03.12)

Central Station, Groningen (10.03.12)

Central Station, Groningen (10.03.12)
dan kemariin, cuaca pun cerah lagiii. saatnya ngubek-ngubek City Center bareng Mbeb :D
kemarin belanja mingguan, dan keperluan untuk kosan.. biasa lah ya pernak-pernik perempuan mah banyak :D
kita pergi ke toko-tokoo disana, salah satu tempat yang dikunjungii adalah HEMA. isinya macem-macem. mulai dari sepatu, baju, perabotan rumah tangga, ah mirip Matahari Dept Store pokonya mah.. yang bikin nna senang adalah banyak banget barang-barang warnanya pink! mulai dari map, sampe kresek tempat sampah (seriusan, nna ga bohong), tas sepeda ada warna pink! keranjang belanja pun ada yang warna pink, sampai ini nih yang bikin nna histeris pisan.. LOYANG dari silikon bentuk hati warna PINK!! nna seketika langsung salto jungkir balik ala sun go kong secepat kecepatan cahaya (ini bukan histeris yah, tapi lebay :p) tapi da di dorm ga ada oven.. terus belum perlu-perlu banget.. nanti aja nna belinya pas mau pulang ke indo. ingetin Nna ya buat beli loyang ini. hihihi :p

loyang silikon, warna pink. *___*
abis itu kita duduk-duduk deh di Grote Markt.. ceritanya capek abis belanja keperluan rumah tangga (alaah,   keperluan kosan kalii.. hihihihi)
sepeda Nna dan sepeda Mbeb :)


Centrum Groningen

Centrum Groningen


Centrum Groningen

sama Mbebitaaaa ^__^

Alhamdulillaaah.. ^__^

it was snowing in Groningen..

it was my first week in Groningen. first week of February 2012..





my department (Molecular Microbiology), Linnaeusborg 7th floor, Nijenborgh 7

Kimia 07 di Groningen :)

Alhamdulillah..
my first snow in my entire life! makasih, Allahkuu.. one of my dreams comes true..

Allah Maha Baik :')