Friday, January 12, 2018

Anak-anak pun mengaji di Groningen

Tinggal sebagai minoritas tentunya ada tantangan, salah satunya mendidik anak tentang agama Islam. Tidak ada pelajaran agama di kurikulum sekolah formal di Groningen. Namun, kekhawatiran ini meluruh dengan adanya Taman Pendidikan Al-Qur'an (atau yang disini biasa disebut Pengajian Anak) di Groningen. 

Pengajian Anak diinisiasi oleh Ibu Rini Nurintani dan juga Ibu Rohmah sekitar 4 tahun yang lalu, Alhamdulillah berjalan hingga sekarang. Ibu Rini memiliki background guru TPA dan mengajar membaca Al-Qur'an dengan metode tilawati. Pengajian Anak rutin diadakan setiap hari Minggu, pukul 11.00 hingga 12.30, dilanjut dengan sholat dzuhur berjamaah. Apabila waktu Summer, pengajian anak diadakan jam 12.00

Santri yang mengikuti Pengajian Anak ini adalah anak-anak Indonesia yang tinggal di Groningen, mulai dari umur 2 tahun.  Nah, karena umurnya beragam, maka kegiatan ini dibagi dua kelas yaitu kelas PAUD untuk anak umur 2 - 6 tahun (buku materi Tilawati PAUD - Tilawati 2) dan kelas Tilawati untuk anak 7 tahun ke atas (buku materi Tilawati 2 - Tilawati 6). 
Tempat dilaksanakannya kalau kata orang Sunda mah "nguriling, mapay" :) alias gantian. Siapa saja boleh menjadi tuan rumah :) Jika ingin menjadi tuan rumah, daftar dulu ke pengurus sehingga nanti akan dimasukkan ke dalam jadwal. 

Kegiatan Pengajian Anak setiap pekannya dimulai dengan membaca doa sebelum belajar, surat Al Fatihah, surat An-Nas, surat Al-Falaq, surat Al-Ikhlas, surat Al-Kautsar dan Ayat Kursi bersama-sama. Kemudian, dipisah antara kelas PAUD dan kelas Tilawati dengan kegiatan dan pengajar masing-masing. Alhamdulillah, dimulai 6 bulan yang lalu saya diberikan kesempatan untuk berkontribusi aktif dalam mengajar kelas PAUD. Setiap pertemuan, selain belajar membaca huruf hijaiayah, in sya Alloh disisipkan sedikit materi, tentunya dengan cara yang menyenangkan dan juga dengan lagu-lagu. Kami selalu nyanyikan lagu Rukun Islam, lagu Nabi Muhammad, lagu tentang malaikat dan lainnya. Setelah selesai, kegiatan ditutup dengan doa senandung Al-Qur'an.

Semakin hari, santri pun semakin banyak. Sampai sekarang, untuk santri PAUD berjumlah 16 orang dan santri Tilawati berjumlah 8 orang.




Ya Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan Ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai (pelindung) kami. Wahai Tuhan sekalian alam.
Semoga kegiatan ini diberkahi Alloh dan selalu ada hingga seterusnya aamiin :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik