Saturday, November 11, 2017

Membuat Buttermilk Sendiri

Tak jarang kita temukan buttermilk dalam resep-resep kue, pancake, bahkan masakan-masakan barat.
Nah, sebenarnya apa sih buttermilk itu? ☺

Buttermilk (atau Karnemelk dalam bahasa Belanda) adalah susu hasil dari produk samping pembuatan mentega (Nah, sekarang ketahuan kan kenapa disebutnya buttermilk hehe). Rasanya cukup asam dan teksturnya cukup kental, ya mirip-mirip yogurt  (tapi to be honest lebih enak yogurt sih menurut saya, menurut saya lho ya..)

Alhamdulillah,, di Belanda, bahan dairy based seperti ini melimpah dan harganya murah. Biasanya  di supermarket, buttermilk dikemas dalam dua jenis ukuran, 500 mL dan 1 Liter. Kalau di kantin-kantin kampus ada kemasan 250 mL (dalam gelas plastik). Sebagai gambaran, harga 1 Liter buttermilk adalah 0.9 euro, dan harga 0.5 Liter buttermilk adalah 0.7 euro. Wih, ga jauh beda! Mending beli yang 1 Liter dong kalau gitu? Hmm.. Tergantung selera sih, kalau saya lebih suka beli yang 500 mL saja, soalnya saya pakai ini hanya untuk kue, bukan untuk konsumsi sehari-hari layaknya susu. Oh iya, ketahanan buttermilk ini kira-kira 6 hari setelah kemasan dibuka. 
ini dia buttermilk yang suka saya pakai hehe..

"Wah, di tempatku susah sekali cari buttermilk! Bagaimana ya... "
Jangan khawatir, kita bisa membuat penggantinya sendiri kok :) Berikut caranya ya..

Bahan-bahan  : 

  • 1 gelas susu segar hangat (suam suam kuku)
  • 2 sendok makan cuka atau air jeruk lemon
Cara membuat :

1) Campurkan cuka atau air jeruk lemon ke dalam susu hangat
2) Aduk rata
3) Diamkan 5-10 menit. Susu akan mengental dan gumpalan-gumpalan putih akan terbentuk. 
4) Voila, jadi deh!  Siap digunakan untuk kue, pancake atau masakan lainnya.

Selamat mencoba ya! Happy cooking! ☺

Sources: Homemade Buttermilk - Gemma Bold Baking Basics

2 comments:

  1. Susu segarnya bisa pake UHT gitu kan Mbak? Tapi dipanaskan dulu dong berarti ya? Jadi pengen buat juga :)

    Thanks resepnya ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, dipanaskan sebentar saja asal susunya hangat. Ayo Mbak buat juga :)

      si buttermilk ini sudah jadi andalan saya nih buat baking soalnya bikin cupcake jadi moist bangeeet :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik