Monday, November 20, 2017

Daycare di Groningen

Halo halo :)

Kali ini saya ingin cerita tentang serba-serbi daycare di Groningen. Dari sekian banyak daycare yang ada di Groningen, saya pilih daycare KITS cabang De Deimten (link : http://www.kinderdagverblijfkits.nl/locatie-zernikecomplex-page/, karena lokasinya dekat dengan sekali dengan tempat kerja yaitu di Zernike complex, tepatnya di Linnaeusborg. Daycare ini pas banget di belakang gedung tempat saya bekerja.  Untuk daycarenya sendiri dibagi menjadi dua grup, yaitu 1 babygroup (0-2 tahun) dan 1 peutergroup (2-4 tahun). 

Dalam seminggu, secara umum, anak bisa masuk daycare selama 5 hari (Senin-Jumat). Saat Dinara masih bayi, Dinara masuk Daycare 3 hari saja (Selasa-Kamis) karena saya ambil day off setiap hari Jumat dan Suami ambil day off setiap hari Senin. Ketika Dinara sudah dua tahun, Dinara masuk daycare Senin-Kamis, hari Jumat saya dan suami gantian masuk kampus (setiap dua minggu sekali kami ambil day- off).
Kegiatan Babygroup, September 2014, KITS


Kegiatan di Daycare
Untuk kegiatannya sendiri, sebagai gambaran, biasanya jadwalnya adalah sebagai berikut. 
Sebelum jam 9 anak sudah diantar ke daycare, kemudian jam 9 anak-anak makan buah bersama-sama. Dilanjut dengan kegiatan bermain, membaca buku, menggambar, bermain musik, atau main di halaman. Siang hari jam 12 jadwal anak-anak makan siang, biasanya makan sandwich (sudah disediakan daycare). Setelah itu biasanya anak tidur siang (nah ini tergantung anaknya, ada anak yang biasa tidur siang, ada yang tidak). Lalu jam 3 sore jadwalnya makan snack, biasanya cracker dan minum jus. Kemudian anak-anak main lagi, sampai orangtua menjemput hehe :) Setiap saya jemput Dinara, selalu ada laporan how was her day dan selalu ada fotonya juga. Mereka mendokumentasikan kegiatan dalam software Evernote setiap harinya :)

Kegiatan Peutergroup, KITS, 2017

Yang disediakan oleh pihak Daycare adalah popok, susu formula, susu UHT, buah-buahan, jus buah, roti dan juga snack seperti cracker. Saat 1 tahun pertama, saya selalu membekali ASIP dan juga MPASI sendiri. Saat Dinara umur 1 tahun 3 bulan, Dinara sudah tidak mau lagi minum ASIP di Daycare karena teman-teman seusianya sudah minum susu UHT di gelas. yaa..Alhamdulillah bisa lepas dari botol susu tanpa drama hehehe.. Saya juga bilang kalau Dinara hanya makan daging yang halal dan pihak Daycare mengerti kalau Dinara hanya makan sandwich yang isiannya sayuran atau isi daging yang saya bawakan sendiri agar kehalalannya terjaga. 

Baca Juga: Cerita Menyusui dan Menyapih Dinara

Untuk info lengkap serba serbi kegiatan di Daycare KITS bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?time_continue=55&v=hBzglLh3JYk

Biaya Daycare
Nah, sekarang perihal biaya. Rata-rata daycare di Belanda memasang tarif sekitar 7 euro per jam. Contoh tarif KITS ada di link berikut :http://www.kinderdagverblijfkits.nl/tarieven-page/, dengan sistem pembayarannya per bulan. Untuk jam masuk anak, pilihannya ada dua: setengah hari atau satu hari full (11 jam, dihitung dari KITS mulai buka yaitu jam 07.30 dan tutup jam 18.30).
Hmm.. untuk 4 hari seminggu masuk daycare, ya bisa dihitung sendiri ya. Sebulan saya harus membayar "sekian" euro. Jujur biaya daycare memang mahal, tapi Alhamdulillah ada subsidi dari kantor pajak Belanda apabila eligible.

*Update April 2018* 

Sistem mendapatkan subsidi kantor pajak ini 'agak kurang simpel' karena awalnya kita meng-apply subsidi ke kantor pajak lewat website kemudian kita menunggu keputusan dari kantor pajak apakah kita berhak atau tidak akan subsidi tersebut. Biasanya kantor pajak akan memberikan subsidinya terlebih dahulu jika kita eligible dalam isian aplikasi. Nah... meskipun subsidi sudah diberikan oleh kantor pajak namun kantor pajak akan menghitung ulang dan kantor pajak akan memberikan surat tentang Final Calculation / Definitieve Berekening (biasanya surat ini didapat kurang lebih satu tahun setelah mendapatkan subsidi bulan pertama). Di surat tersebut akan tertulis apakah kita harus mendapatkan subsidi lebih dari yang seharusnya atau malah harus mengembalikan sejumlah uang karena kita menerima subsidi yang berlebih. 

Agar lebih pasti tentang eligibility, saya menyarankan berkonsultasi dengan konsultan perpajakan untuk expat, seperti Blue Umbrella (www.blueumbrella.nl) atau Tax Globalizer (https://taxglobalizers.com/en/home). 

Besar subsidi yang diperoleh tergantung dari pendapatan. Saya sertakan link kaltulatornya disini ya https://www.belastingdienst.nl/wps/wcm/connect/nl/toeslagen/content/hulpmiddel-proefberekening-toeslagen
Sekian dulu cerita tentang Daycare di Groningen.
Semoga membantu ya :)

Groningen, 20 November 2017

2 comments:

  1. Hai mbak.. Potongan daycare kan tersedia untuk yang membayar pajak ke pemerintah Belanda. Kalau statusnya Ayah Ibu kuliah, atau Ibu kuliah dan Ayah part time, apakah bisa dapat subsidi juga? Berapa besar subsidinya? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Vanny.

      Jika mendapat income dari Belanda dan membayar pajak, kemungkinan besar eligible. Untuk lebih pasti tentang eligibility, lebih baik konsultasi dengan konsultan perpajakan untuk expat, seperti Blue Umbrella (www.blueumbrella.nl) atau Tax Globalizer (https://taxglobalizers.com/en/home).

      Besar subsidi tergantung dari income, Mbak. Ini saya sertakan link kaltulatornya (https://www.belastingdienst.nl/wps/wcm/connect/nl/toeslagen/content/hulpmiddel-proefberekening-toeslagen)


      dan juga link-link informasi terkait subdisidi daycare dari web kantor pajak :

      https://www.belastingdienst.nl/wps/wcm/connect/bldcontentnl/belastingdienst/prive/toeslagen/kinderopvangtoeslag/kinderopvangtoeslag-2018/kinderopvangtoeslag-2018

      https://www.belastingdienst.nl/wps/wcm/connect/bldcontentnl/belastingdienst/prive/toeslagen/kinderopvangtoeslag/kinderopvangtoeslag-2018/welk-deel-van-de-opvangkosten-krijg-ik-vergoed/welk-deel-van-de-opvangkosten-krijg-ik-vergoed

      Karena menggunakan bahasa Belanda, sebaiknya dibuka dari google chrome supaya bisa ditranslate langsung.

      Semoga informasi di atas bisa membantu dan semoga lancar urusannya ya Mbak :)

      Salam,
      Amalina

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik