Dimsum Siomay Ayam Udang


Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga bikin dimsum 😄 Jadi.. ceritanya Senin lalu ada Halal Bihalal di kantor dengan Dimsum sebagai konsumsi yang disediakan. Dikarenakan saya masih cuti, jadi saya ga kebagian nyicip deh. 

Dasar yaaa si saya penyuka sarupaning persomayan perbasotahuan dan perdimsuman, saya kabita kan.. walhasil cari di GrabFood deh buat delivery. Sudah pencet klik klik klik, tinggal order, tapi kok jempol rasanya berat banget ya buat pencet order. Apa yang bikin berat? 

Karena saat scrolling pilih pilih, pada menunya ada yang menuliskan "Dimsum halal" dan ada yang tidak. Yap, seketika saya langsung ingat, untuk resep yang "tidak halal" menggunakan either daging babi atau lemak babi (lard) pada dimsumnya.

Baik.. karena saya ragu, akhirnya saya menutup aplikasi grabfood dan melipir ke Tokopedia, mendadak mencari Klakat kukusan bambu Dimsum 😆 Weekend ini pokoknya mau bikin dan makan Dimsum di rumah #tekadsebulatbola💪

Klakat kukusan bambu pun sampai dua hari kemudian, dan saya beli bahan-bahan dari tukang sayur online langganan: Nyonya Sayur di Blibli 😊

Jumat malam pulang dari kantor saya semangat banget merendam klakat kukusan bambu dengan air panas sebelum dipakai besoknya. Setelah direndam 30 menit, saya keringkan semalaman. Air rendamannya berwarna coklat kekuningan dan ada bau bau khas, mungkin karena dari bambu ya.

Anyway, Sabtu pagi bahan-bahan dan peralatan sudah siap semua. Langsung deh saya eksekusi resepnya. Saya pakai resep dari Devina Hermawan, dengan modifikasi sedikit. Saya hanya menggunakan 5 sendok makan tepung tapioka supaya teksturnya lebih 'meaty' namun tetap kenyal, juga untuk putih telurnya saya tambahkan 1 lagi. 

Berikut saya tuliskan resepnya ya.

Dimsum Siomay Ayam Udang

Bahan:
- 250 gram ayam cincang (daging ayam giling yang saya beli sudah banyak lemaknya, jadi saya tidak tambahkan kulit ayam lagi)
- 50 gram udang kupas
- 5 sdm tepung tapioka
- 2 butir putih telur
- 1 sdm minyak wijen
- 2 siung bawang putih
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm kecap asin
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt merica
- 1 sdt gula
- wortel parut secukupnya
- kulit dimsum (Saya beli dari Baso Yen, recommended!)

Cara Membuat:
1. Campur bahan-bahan di food processor, giling dan campur hingga rata. Setelah adonan tercampur rata, pindahkan ke dalam wadah bersih dan tambahkan wortel parut. 
2. Ambil kulit dimsum dan taruh satu sendok makan adonan siomay dan cetak. Berikan sejumput wortel parut di atas siomay.
3. Taruh siomay di atas kukusan, tata dengan rapi
4. Kukus selama 20-30 menit
5. Sajikan dengan saus cocolan dimsum 😊



Resep ini dapat menghasilkan 15-20 buah siomay. 

Yeay, akhirnya yaa jadi makan dimsum siomay! Suami dan anak-anak juga suka. Selain enak dan puas (karena dapet banyak dong hehe), makannya pun rasanya tenang  😇 Alhamdulillah Alhamdulillah.. 

Semoga postingan ini bermanfaat yaa.

Jakarta, 22 Mei 2021
Amalina

No comments

Post a Comment