Tiramisu, tanpa telur mentah :)

Kue khas Italia ini selain mudah sekali membuatnya, rasanya hmmmm tidak diragukan lagi :) 
Resep aslinya menggunakan telur mentah. Namun disini saya modifikasi telur mentahnya dengan kuning telur yang dikocok sambil di-tim dan putih telur mentah yang diganti dengan heavy cream. Menurut saya, versi ini rasanya lebih creamy. Well, long story short, ini dia resepnya.

Tiramisu, nyummy!!

Tiramisu

Bahan-bahan:
- 3 kuning telur
- 200 mL heavy cream
- 50 gr gula pasir
- 250 gr keju mascarpone
- vanilla extract secukupnya
- 2 gelas kopi (kepekatan kopi bisa disesuaikan selera ya :))
- 1 bungkus Kue Lady Fingers
- Coklat bubuk untuk taburan

Cara membuat : 
1) Kocok kuning telur dan gula di mangkuk di atas air mendidih (kocok tim), sampai volumenya kira-kira 3 kali lipat (kurang lebih 5-8 menit). 
2) Angkat adonan telur, tambahkan mascarpone. Kocok lagi sampai rata. Dinginkan.
3)  Dalam mangkuk yg berbeda, kocok heavy cream sampai kaku, tambahkan vanilla extract. Aduk. Sisihkan. 
4) Tambahkan adonan telur-mascarpone yang sudah dingin sedikit demi sedikit ke dalam heavy cream yang telah dikocok. Aduk rata.

The consistensy :)
Penyelesaian: siapkan loyang, susun lady finger di bagian dasar hingga rata. Celupkan lady finger ke dalam kopi sebentar saja (Jika terlalu lama  ladyfinger akan hancur). Tuang adonan filling, ratakan. Tambahkan coklat bubuk di atasnya. Kemudian, susun lagi lady finger yang telah dicelup ke dalam kopi, tambah lagi adonan fillingnya, ratakan dan tambahkan coklat bubuk di atasnya. Buat 2 atau 3 susun sampai adonan habis (tergantung ukuran loyang). Tutup loyang dengan cling wrap dan sompan di kulkas selama 4-6 jam (biasanya saya tinggal semalaman).





Tips dan trik :
Pastikan adonan telur-mascarpone sudah kembali dingin sebelum dicampur dengan kocokan heavy cream supaya kocokan cream tidak mencair.

Selamat mencoba ya! ;)

No comments

Post a Comment