My very first Macarons

I have the almond meal since a long time ago, but it was just standing there nicely in my cupboard. Semangatnya kok cuma sampai di tahap "beli bahan bahannya aja" 😁

Setelah googling cukup lama, akhirnya saya mendapatkan resep ini dari http://www.southernfatty.com. I would really recommend you to look at this page  http://www.southernfatty.com/macarons-101/. Artikelnya memang cukup panjang tapi ada banyak troubleshooting dan juga trik cara membuat macarons untuk pemula. Indeed, it is very helpful 😉😋 

Macarons

Bahan-bahan:
- 90 gram putih telur (3 putih telur), suhu ruang (PENTING!)
- 55 gram gula pasir
- 200 gram gula halus
- 110 gram almond bubuk
- 1/4 sendok teh cream of tartar
- 1/4 sendok teh garam
- pewarna makanan, opsional

Cara membuat:
1) Kocok putih telur dengan kecepatan sedang sampai berbuih (kira-kira selama 1 menit)
2) Tambahkan gula pasir dan cream of tartar. Kocok hingga sangat kaku. You should be able to reverse the whisk and have the peak stands very tall without falling.
3) Tambahkan pewarna makanan. Gunakan  sedikit lebih banyak dari takaran karena warna akan sedikit memucat macarons dipanggang. 
4) Dalam wadah lain, ayak almond bubuk dan gula halus. Ayak ulang selama 4-5 kali hingga tidak ada butiran kasar yang tersisa. Kemudian tambahkan ke dalam adonan putih telur. Aduk dengan cara "dilipat" (kira-kira 60-70 kali lipatan).
5) Siapkan kantong segitiga berisi spuit, isi dengan adonan macarons. Cetak dengan menggunakan template, bisa dilihat di link ini
6) Diamkan selama 30 menit pada suhu ruang hingga permukaannya mengeras.
7) Panggang selama 16 menit dengan suhu 150 derajat Celcius.
8) Angkat dan dinginkan. 
9) Isi dengan buah favorit (saya menggunakan isian raspberry) dan tempelkan dengan macarons lain sehingga membentuk sandwich.
10) Sajikan 😉
Hello, babies! :D
I know it is still far from perfect, but I'm quite proud hihihihi :D

Lesson learned. Jangan keburu takut sama proses yg kelihatannya intimidating. Kalau udah dikerjain dan dikeureuyeuh mah alhamdulillah sampai juga di garis finish. Wooohoo! Alhamdulillah!! :) 

Happy baking! 😊

No comments

Post a Comment