Jalan-jalan ke Nemo Science Museum Amsterdam

Setiap akhir pekan pertama bulan Oktober di Belanda adalah akhir pekan Sains Nasional, atau bahasa Belandanya adalah Weekend van de Wetenschap. Dalam akhir pekan ini, kira-kira lebih dari 250 tempat di Belanda meliputi museum, universitas, research institute mengadakan pameran atau pertunjukkan tentang sains dan juga teknologi, dengan cara yang mennyenangkan 😊

Kegiatan ini merupakan inisiasi dari National Centre of Science and Technology Pemerintah Belanda yang katanya sih telah dilakukan selama 30 tahun lebih. Tujuannya? Ingin menunjukkan kalau sains dan teknologi itu seru! Untuk tahun ini, kami sepakat untuk mengunjungi Nemo Science Museum di Amsterdam karena khusus di akhir pekan ini, there is no fee entrance alias tiketnya masuknya gratis 😎

Nemo Science Museum buka mulai pukul 10.00 pagi dan tutup pukul 17.00. Museumnya cukup besar, bahkan Trip Advisor pun menganjurkan untuk memberikan slot seharian penuh agar setiap spotnya bisa dikunjungi. As parents, we were so excited to show science to Dinara.

Kami berangkat dari Groningen pukul 6 pagi, sayangnya di tengah perjalanan ada perbaikan jalur kereta yang menyebabkan perjalanan kami lebih lama namun Alhamdulillah Dinara gak bosan di jalan hehehe.. Kami tiba di Nemo Science Museum sekitar pukul 10.00.

Welcome to Nemo Science Museum, Amsterdam!

The banner at the entrance. Wooohoo!
Setelah melewati pintu masuk, kita bisa menitipkan barang-barang kita di loker. Lokasinya ada di sebelah kiri pintu masuk. Siapkan uang koin 50 sen sebagai deposit ya untuk membuka kuncinya. Kami menitipkan barang-barang yang kami pikir tidak perlu dibawa ke dalam seperti" seperangkat penghilang bosan" Dinara (buku-buku cerita, activity books dan lainnya). Selain itu juga ada loker khusus untuk buggy atau stroller, kalau tidak salah loker ini berbayar. Tapi ada juga tempat parkir buggy/stoller di sebelah tangga yang gratis namun itu di luar tanggung jawab pihak Nemo Science Museum. Alhamdulillah aman juga kok.

Puluhan loker yang disediakan oleh Nemo Science Museum

Loker Khusus Stroller

Tempat Parkir Stroller / Buggy

Setelah menyimpan barang di loker dan memarkirkan stroller, kami siap untuk menjelajahi Science Museum ini :) Museum ini terdiri dari 5 lantai.

Lantai 1 : Fenomena Exhibition Floor
Lantai pertama bertema “Fenomena”, it is all about Physics. Di sini,ada beragam permainan dimana kita bisa melihat kalau fenomena fisika itu ada dimana-mana lho. Super fun! 😊

Nemo Science Museum

Permainan Listrik Statis

The Chain Reaction
Ada pertunjukan interaktif yang sangat sayang kalau dilewatkan yaitu, The Chain Reaction Show. kita bisa belajar tentang Hukum kekekalan energi.
Jumlah energi dari sebuah sistem tertutup itu tidak berubah—ia akan tetap sama. Energi tersebut tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan oleh manusia ; namun ia dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain - Hukum Kekekalan Energi

Semua petunjuknya ada intruksi bahasa Inggrisnya, bagus lah untuk saya yang Bahasa belandanya maish pas-pasan ini hehe

It seems so familiar with my husband and I do :P
Kemudian kami berjalan ke arah belakang dan ada permainan membuat molekul sendiri alias bermain dengan molymod molecules. Disana saya melihat ada struktur DNA yang dibuat oleh molymod dooong. Saya terkesima dan langsung foto, hehehe, maafkan yaah soalnya saya sehari-hari kerja dengan DNA hihihi.

I was wondering how many boxes of molymod to make this DNA structure? :)

Kemudian kami mengunjungi theaternya, disana ada pertunjukkan interaktif dari Scheikundjejongens (The Science Boys) dan kebetulan hari itu mereka menjelaskan tentang sains dalam baking. Oh my, saya merasa diulangtahunin dooong hehehe karena kedua kesukaan saya jadi satu hehehe.. Untuk show kali ini, mereka menggunakan Bahasa belanda, namun Alhamdulillah masih bisa dimengerti.

Setelah show selesai, tidak terasa sudah waktunya makan siang. Saatnya makan bekal hehehe :)

Bekal kami : Homemade Muffins (yang sudah mau habis), Homemade Risoles Ayam Sayur (yang lagi-lagi hampir habis di perjalananan hehee) dan Schotel Macaroni.

Lantai 2 : Technium Exhibition Floor

Di lantai ini, ada beberapa permainan interaktif tentang seberapa kompleksnya proses logistik dalam sebuah pabrik yang meliputi pengoperasian mesin, robot sampai pemilihan alat transportasi pengiriman. Selain itu, ada juga permainan tentang konstruksi bangunan, jembatan, gedung pencakar langit, sampai lift  😊

Replika mebuat jembatan

Replikasi Proses di Pabrik

Brain Trick hahahahaa
Lantai 3 : Elementa Exhibition Floor
Di lantai ini terdapat laboratorium kimia yang disponsori oleh BASF. Pengunjung bisa jadi Scientiest seketika, dilengkapi dengan jas lab dan kacamata pengaman, cool kaan? :)

Lantai 4 : Humania Exhibition Floor

Di lantai 4, sudah bisa ditebak ya temanya apa, hehehe. Yup, temanya adalah tentang tubuh kita. Sayang sekali disini saya tidak sempat foto apa-apa :D

Lantai 5 : Energetica Exhibition Floor
Pameran outdoor bertema Energi, terdiri dari permainan air, jam matahari, layang-layang dan yang lainnya. Alhamdulillah saya membawa baju ganti untuk Dinara sehingga Dinara bisa bebas main air disana :) Selain itu, di lantai ini juga terdapat restoran.

Sebelum main air

yeay!
Kami sangat menimati kunjungan kami Nemo Science Museum (ditambah masuknya gratis, departemen keuangan keluarga makin happy).. Kami pulang ketika museumnya mau tutup hehehe. We had a lot of fun! Alhamdulillah..

Tiket masuk harga normal : 16.50 euro/orang
Waktu buka : Senin-Minggu, pukul 10.00-17.00

Sources:

6 comments

1. Asyik banget ya mba, tempatnya juga sangat memperhatikan segala keperluan pengunjung, sampai ada loker stroller segala.

Btw ngiler ama bekalnya, asyik banget jalan-jalan bawa bekal :)

Replies
    1. Iya mbak, tempatnya children-friendly banget, jadi betah main sampai tempatnya mau tutup hehe.

Kalau bekal, Alhamdulillah udah kebiasaan dari kecil ditambah lagi jajanan disini belum tentu halal, lumayan jadi ngehemat juga :)

Terimakasih sudah mampir kesini ya Mbak :)

Delete
  2. Seru banget ya mbak. Anak-anak pasti senang nih belajar sambil bermain begini. Jadi pengen kesana..hahaha

Replies
    1. Iya Alhamdulillah.. Mudah-mudahan bisa kesana juga ya Bunda Tika, aamiin.. :)

Terimakasih sudah berkunjung kesini :)

Delete
  3. Waaaah telat baca nih. Keren ih, aku nggak pernh nulis cerita ttg kegiatan sedetail ini teh,. Makanya agak susah kalo mau nulis ttg crta groningen pdhl lg di groningen.hehehe

Replies
    1. Ma sya Alloh, Alhamdulillah teh Ghina :')
      Ini sengaja ditulis detail biar ga lupa dan mudah-mudahan bisa jadi kenang-kenangan kalau udah pulang ke Indonesia nanti :) Hatur nuhun sudah berkunjung kesini ya teh :)