Thursday, March 4, 2010

Nna makes Poffertjes! :)

Poffertjes are a traditional Dutch batter treat. Poffertjes look like fluffy pancake pillows, but they are often made with a raising agent and the batter is usually of a more runny consistency. In contrast with pancakes, poffertjes are small yet much thicker and have a light, spongey texture. Typically, poffertjes are served with powdered sugar and butter. Temporary poffertje "houses" appear across The Netherlands from September to March, selling the little treats by the dozen.
ahaaa! itu dia sedikit tinjauan pustaka tentang Poffertjes. *halah* nna bikin kue ini buat ulang tahun Nna yang ke-duapuluh.. ^_^ (haduh duapuluh? padahal kayanya jiwa nna masih sma.. hohoho)
apa saja yang harus disiapkan? Poffertjes are not hard to prepare but a special pan is needed. okaay. let's see!

Bahan-bahan :
180 gram tepung terigu
20 gram coklat bubuk
50 gram gula pasir
1/2 sdm ragi
1/2 sdt garam
250 mL susu cair
30 gram Mentega
2 butir telur

Buat Hiasan :
Strawberry
Gula halus

Cara buatnya?? gampang..
1. Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, gula pasir, ragi dan garam
2. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit, sambil diaduk perlahan
 
  


3. Setelah rata, biarkan mengembang. Tunggu sampai 30 menit.. :) Sambil nunggu, kita lelehin menteganya dulu..
 

Siapin juga cetakannya.. :)

 
 
4. Naahh, abis mengembang, masukkan lelehan menteganya dan telur satu persatu.. Diaduk rata ya.. :)

 
 (aarrgh, tangan Nna ikut kefoto.. >.<)
 
 
(Nna ditemenin Upie waktu bikin kue.. dia seneng banget gitu liat adonan kue.. hehehe..:) )
 

5. Setelah rata, yuukk dicetak adonannyaa.. jangan lupa, api yang dipakai harus api kecil yaa.. soalnya kita bermain dengan cokelat, kalau apinya besar nanti cepet gosong.. ^_^
 

jadi deh kuenyaaa.. :) 

6. Sebelum disajikan, kita hias dulu sama strawberry + gula halus.. siipp, kue-kue mungil ini siap disantap.. gampang kan buatnya? :)

THIS IS IT! Poffertjes ala Chef Amalina! ^_^

 
  

Kue siap dibawa ke kampus buat teman-teman tersayang.. Alhamdulillah banyak yang sukaa.. huaaa, jadi terharu.. :') nna jadi semangat buat bikin lagiii.. :) nanti deh ya kapan2 Nna bikin lagi.. *kalau modalnya dan waktunya ada. hehehe. doakan saja yaaa*

*note : nna bener-bener puas sama cetakannya! cetakan itu kado dari Nna buat Nna. :) harganya emang rada anu sedikit tapi bagus pisan ternyata, ga lengket, panasnya merata jadinya kuenya cepet mateng.. Toko Kue Kijang Mas Te O Pe dehh.. ^_^

4 comments:

  1. wah tampak enak Poffertjesnya^^

    ReplyDelete
  2. halloo Aifaa.. salam kenaall.. :D

    iyaa, enak lhoo, cobain deh.. gampang kok buatnyaa.. :)
    oia, nna follow blognya yaa.. :D :D :D

    ReplyDelete
  3. aduh aduh, Nna salah.. harusnya Nna panggilnya Teh Aifa.. hohoho.. punten ya Teh.. :)

    ReplyDelete
  4. kalo gak salah, ada yg make santan. itu gimana yah?

    ReplyDelete

Any comments? :)

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik