Friday, December 28, 2018

Pelayanan Kesehatan di Belanda

Assalamualaikum! Alhamdulillah, 21 Desember kemarin tepat masuknya musim dingin di Belanda. Suhu siang hari rata-rata 2-6 derajat Celcius, tapi kalau sedang dingin-dinginnya bisa dibawah 0 derajat Celcius juga. Nah, harus mulai banyak minum vitamic C nih, supaya tidak rentan sakit karena perubahan cuaca. Mudah-mudahan kita semua sehat ya!

Gambar diambil dari sini

Tapi tapi, kalau sakit di sini, harus bagaimana ya?

Alhamdulillah, Belanda memiliki sistem kesehatan yang sangat baik. Setiap orang wajib memiliki Huisarts (family doctor). Saya merekomendasikan Huisarts di Klinik Studentarts. This practice services international students, international employees and also families. Websitenya tersedia dalam bahasa Inggris dan registrasi bisa dilakukan online disini : https://www.studentarts.nl/. Lokasinya ada dua yaitu di Zernike Complex dan di Hanzeplein. 

Lokasi Huisarts di Zernike Complex.
Foto diambil dari sini

Apa? Mau ke dokter harus buat appointment dulu?

Hehe, iya.. Di Belanda mah apa-apa semuanya pakai appointment :) Kadang jadwalnya luang, kadang jadwalnya fully booked. Pengalaman saya sih kalau udah ngerasa sakit, mending bikin appointment aja dulu. Kalau udah merasa sehat, tinggal cancel appointmentnya hehehe. Perlu diingat, meng-cancel appointmentnya jangan mendadak ya karena apabila kita sudah buat appoinment dan kita tidak datang, siap-siap kena charge! :)

Terus kalau hari libur atau di luar jam kerja bagaimana? 
Apabila benar-benar dalam kondisi emergency dan tidak bisa menunggu Huisarts, masih ada ada piket dokter kok. Bisa telepon langsung ke Doktersdienst Groningen di 0900-9229 (€ 0,10 per menit). Alamatnya di Van Swietenlaan 2b 9728 NZ Groningen (dekat Martini Ziekenhuis).  Saat hari kerja, praktek ini buka dari mulai pukul 17.00 hingga 08.00 (pagi esok harinya). Namun di akhir pekan praktek mulai buka dari 08.00-08.00 (esok harinya).

Baca juga : Maternity Care di Belanda

Jangan heran kalau disini dokter tidak mudah memberikan antibiotik atau anti-depresan. Pengalaman dulu pernah pas batuk parah dan saya bilang "batuknya parah nih sampai bikin saya gak bisa tidur, udah lama batuknya sampai sekian hari. Obat dari drugstore sudah gak mempan." Nah, baru deh dokter kasih resep obat hehhe. Huisarts akan menyanyakan apotek terdekat dari rumah dan dokter mengirimkan resep obat (online) lalu kita jemput deh obatnya :)

Oh iya, disini kita tidak bisa serta merta bisa ke dokter spesialis :) Hanya Huisarts yang bisa merujuk kita untuk diperiksa dokter spesialis. Pengalaman saya dulu ketika ada masalah pasca melahirkan. I had a problem with my uterus. Saya sempat bolak-balik Huisarts dan bilang saya mau ke ginekolog aja, tapi Huisart bilang "tunggu ya, kami tes dulu disini". Mungkin ada tiga rangkai tes yang saya jalani.  To make long story short, she said "Maaf, nampaknya saya harus merujuk Anda ke ginekolog. Anda mau ke ginekolog di rumah sakit mana? Biar saya buatkan janji dan surat rujukan."

Pada intinya, selagi Huisarts masih bisa menangani, kenapa harus ke dokter spesialis? :)

Baca Juga : Perawatan Gigi Anak di Belanda

Bayarnya bagaimana? 

Setiap orang wajib memiliki asuransi kesehatan. Jangan sampai lupa ya.. Untuk student biasanya menggunakan asuransi AON. Untuk employee atau yang bukan student, bisa menggunakan public health insurance. Contohnya Menzis, Hollandzorg, Independer, dan yang lainnya. Pilihan harga dan paketnya juga berbeda-beda. Untuk anak-anak (dari sejak lahir hingga umur 18 tahun) tergabung dalam polis asuransi salah satu orangtuanya (bisa ikut Ayah atau Ibu) selama orangtua memiliki asuransi kesehatan dari Public Healthcare Insurance. Jadi, nominal yang dibayarkan sejumlah biaya asuransi untuk 1 orang (ayah/ibu) namun coverage-nya untuk bersama (ayah/ibu + anak).

Sekian cerita singkat tentang pelayanan kesehatan di Belanda. Semoga bermanfaat ya dan semoga selalu sehat! Aamiin :)

Informasi lebih lanjut bisa diakses di https://www.doktersdienstgroningen.nl/EN/

4 comments:

  1. Menikmati winter pertama nih teh. Pengennya tidur makan mulu. Hoho. Semoga kita sehat sehat semua yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, semoga kita semua sehat selalu aamiin :)

      Delete
  2. Kalo di negeri kita antibiotik di jual bebas yah.

    Pernah kursus singkat di wageningen. Terkena batuk flu. Kebiasaan beli di warung obat batuk + antibiotik. Pas disana gak ada/gak bole di apotiknya tanpa resep dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, disini gak bisa sembarangan beli antibiotik :)
      Terimakasih sudah berkunjung kesini.

      Salam,
      Amalina

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik