Saturday, May 30, 2020

Cerita Idul Fitri 1441 H di Tengah Pandemi Covid-19


Halo! Selamat hari raya Idul Fitri! Taqabbalallahu minna wa minkum. Kami mohon maaf lahir dan batin ya. Semoga amalan kita semua selama bulan Ramadhan diterima Allah, aamiin aamiin aamiin.. 
Gimana nih cerita lebarannya dalam masa pandemi ini? 

Meskipun lebaran #dirumahaja, semoga silaturahim masih terjaga ya insya Allah. 

Hari Lebaran #1
Lebaran kemarin kami sholat Idul Fitri di rumah, suami menjadi imam dan menjadi khatib pada sholat Idul Fitri 😊 Kemudian, kami tentu saja foto keluarga bersama mumpung momennya pas. Secara belum punya foto keluarga lengkap berempat sejak ada baby DNA hehehe.. 



Setelah foto keluarga yang mengandalkan tumpukan buku+self timer kamera, kami bersilaturahim online dengan keluarga inti dari saya. Alhamdulillah koneksinya baik sehingga kami dari Jakarta, orangtua dan adik dari Karawang dan kembaran saya yang sedang ada di Tokyo bisa sungkem online. Meski pun hanya menggunakan Zoom, tetap saja heboh hehehe. 



Kemudian, Zoom session pun dilanjutkan dengan keluarga besar dari Mamah. Alhamdulillah bisa bertemu lagi dengan Ua - Ua dan juga Mamang - Bibi setelah tidak lebaranan dengan Beliau-beliau selama 6 tahun lamanya. Yup, selama ini Lebaran selalu di Belanda karena Qadarullah selalu jatuh tepat di musim panas sehingga... harga tiket pulang mahal bhosque hehehe. 


Nah, karena pada silaturahim ini salah satu Mamang berhalangan hadir, maka silaturahim online ini diadakan kembali keesokan harinya. 

Pada malam hari sebelum silaturahim hari kedua diadakan, kira-kira sekitar pukul 19:00, tiba-tiba saya kepikiran untuk membuat kuis berhadiah supaya silaturahimnya jadi lebih meriah. Ide ini terinspirasi dari De Gromiest yang mengadakan acara Ngabuburit+Quiz menggunakan media Zoom dan Kahoot.it. 

Saya pun berdiskusi dengan kembaran saya, Amel, kira-kira doable ga ya, keburu gak ya persiapannya, soalnya ini projek Sangkuriang alias harus jadi dalam waktu semalam 🙆

Amel pun setuju dan saya pun langsung mengontak Mang Ceppy. Saya meminta Mang Ceppy untuk membuatkan pertanyaan seputar Keluarga Alm. Eman Sulaeman, seperti siapa kah nama kandung Ibunya Nenek, kapan tanggal lahir Nenek, kapan tanggal lahir Kakek, dsb. 

Supaya semakin meriah, saya pun menyisipkan pertanyaan ilmiah mengenai pandemi Covid-19 dan juga pertanyaan random seputar drakor The King Eternal Monarch wkwkwkw.. 

Setelah Mang Cepy setuju, saya pun gerak cepat men-generate pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam web Kahoot. Malam itu juga saya meminta untuk mengetes sistemnya (kombinasi Zoom dan Kahoot), supaya tahu hal-hal teknis apa saja yang harus saya lakukan sebagai host Kuis Silaturahim Keluarga Cimindi ini hehehe.. Saya dan Amel pun membuat teknis pelaksanaan Kuis supaya bisa nantinya bisa berjalan lancar. Dan technical meeting ini pun selesai jam 12 malam.





Hari Lebaran #2

Yeay, silaturahim+Kuis berjalan dengan lancar. Kuis dibuka dengan lagu main theme "Who wants to be a millionaire" supaya suasananya  meriah dan atmosfer kompetisi tercipta 😎 #tsah

Saya juga pertama kalinya menjadi host Quiz via Kahoot.it. Tebak apa rasanya? Yup, saya merasa seperti komentator sepak bola dan cukup heboh, apalagi partisipannya keluarga. Kebayang kan hebohnya Ua-Ua dan Bibi-Bibi hehehe.. But I enjoyed it very much 😁 

Oh iya, Kuis ini berhadiah lho hehehehe.. Saya, Amel dan Mang Cepy udunan untuk membelikan voucher GoPay atau Pulsa bagi pemenang hihihi..





Alhamdulillah, meskipun lebaran #dirumahaja namun masih bisa semarak. Respon dari keluarga pun baik. Katanya kuisnya seru dan ingin ada kuis seperti ini lagi kalau ada acara silaturahim (lah ketagihan hehehe..) 

Mudah-mudahan projek Sangkuriang ini jadi amal sholeh kami membahagiakan keluarga dan  membahagiakan Alm. Kakek-Nenek di sana, aamiin :')

Jakarta, 30 Mei 2020
Amalina

2 comments:

  1. Walau jarak yang jauh, di tengah situasi pandemi. Tetap bisa silaturahmi online ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Dodo. Salam kenal.

      Alhamdulillah teknologi mendekatkan yang jauh.


      Semoga lebaran tahun depan bisa silaturahmi 'offline' :D

      Terima kasih telah berkunjung kesini.

      Salam,
      Amalina

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik