Friday, April 22, 2011

istiqamah, istiqamah, istiqamah! :)

Assalamualaikum, bloggie!
Alhamdulillah, Alhamdulillah.. hari ini Nna dan kembaran Nna alias Amel berkesempatan ke pengajian Forum Annisa Bandung.. :)
Alhamdulillah dapet temen baru dan mendapat ilmu baru.. tadi di pengajian ngebahas tentang Istiqamah.. Subhanallah, pas banget lah buat Nna sekarang. soo, i wanna share to all of you. semoga bermanfaat :D

Istiqamah. secara bahasa artinya Tegak dan Lurus.
berikut adalah definisi Istiqamah dari para sahabat Rasul..
  1. Abu Bakar Ash Shiddiq radhiallahu 'anhu : "Hendaknya kamu tidak menyekutukan Allah dengan apapun juga".
  2. Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu : "Hendaknya kita bertahan dalam satu perintah atau larangan, tidak berpaling seperti berpalingnya seekor musang".
  3. Utsman bin Affan radhiallahu 'anhu : "Istiqomah artinya ikhlas".
  4. Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu : "Istiqomah adalah melaksanakan kewajian".
  5. Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu : "Istiqomah mengandung 3 macam arti : Istiqomah dengan lisan (yaitu bertahan terus mengucapkan kalimat syahadat), istiqomah dengan hati (artinya terus melakukan niat yang jujur) dan istiqomah dengan jiwa (senantiasa melaksanakan ibadah dan ketaatan secara terus-menerus).
Jika dibuat rangkuman, mungkin bisa ditulis demikian.. istiqamah adalah...
  • konsisten teguh akidah tauhid. TAUHID. Allah, hanya Allah. ya, cuma Allah yang ada di hati... mulai dari niat. cukup buat Allah aja. mau belajar niatkan untuk ibadah, mau shalat tahajud niatkan hanya untuk Allah saja, mau shalat dhuha niatkan untuk Allah saja.. jangan karena ingin dilihat orang (ini misalnya loh ya.. hehehe. tapi Nna yakin kita mah ga termasuk ke golongan itu ya.. aamiiin.. )
  • menjalankan syariat agama Allah. tentu, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya..
  • Konsisten berkarya dengan tulus dan sabar.. nah ini nih, IKHLAS. SABAR. prakteknya memang cukup sulit.. hmm.. misalnya apa yah? gini gini gini, mungkin contohnya gini.. Misalnya jika kita menghadapi suatu kegagalan, kemudian kita berkata "ah, ga apa-apa Ya Rabb, aku ridha asalkan nanti aku pergi ke luar negeri, aku ridha kok begini.." nah, kayanya dari kalimat contoh tersebut mengindikasikan ketidakikhlasan, bukan begitu?  :) insya Allah, mulai dari sekarang mari belajar dan berusaha selalu untuk ikhlas dan sabar.. pasti BISA! \^_^/
  • terakhir.. Konsisten dalam waktu lapang dan waktu susah.. hmm.. kerasa ga sih kalau kadang kita bener-bener mendekati Allah di kala susah? kalau pas seneng mah kadang lupa sama Allah.. huhuhu, hiks. :'( hayuuu kita sama-sama belajar, konsisten berdoa dan terus mendekati Allah baik di kala senang atau susah.. :D
tadi pun membahas QS. 41:30. 
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Rabb kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu" (QS. 41:30)
dan disebutkan pula, barang siapa yang memiliki sifat istiqamah, maka akan dihindarkan dari rasa sedih dan takut, diberi ketenangan, kedamaian, kebahagiaan dan rasa optimis. :)

banyak ilmu yang Nna dapat dari pengajian hari ini.. dan bisa silaturahim juga dengan muslimah Bandung lainnya.. 

Alhamdulillah..
semoga ilmu yang didapatkan dari pengajian tadi dapat diamalkan dengan sebaik-baiknya sehingga kami bisa memperoleh kebahagiaan yang hakiki, SyurgaMu.
aamiin..

keep istiqamah, Amalina Ghaisani Komarudin!
keep istiqamah, semuanyaaaa! ^_^

1 comment:

  1. Cukup bagiku Allah, segalanya untukku...
    =)
    Lagu paling manis by Opick and Gito Rollies. <3

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik